Skip to main content

Mengenal perintah dasar Linux



Berikut adalah macam-macam perintah dasar Linux yang wajib kamu tahu saat mempelajari atau mencoba sistem operasi Open Source Linux. Basic Commands Linux ini bekerja di hampir semua versi Linux, tentunya hal ini akan mempermudah kamu saat mencoba Linux.

1. cd
cd adalah singkat dari change directory. Perintah ini berfungsi untuk berpindah dari direktori dimana kamu berada saat ini. Kamu bisa keluar dari sebuah folder atau masuk ke dalam folder tertentu dengan menggunakan perintah ini.

2. pwd
Perintah pwd berfungsi untuk melihat pada direktori mana kamu sedang berada pada saat ini.

3. ls
Perintas ls berfungsi untuk menampilkan isi dari sebuah folder dengan menggunakan command line interface. Ketika sedang berada pada sebuah folder atau direktori tertentu, kamu bisa melihat isi dari folder atau direktori tersebut dengan menggunakan perintah ls.

4. mkdir
Perintah mkdir berfungsi untuk membuat sebuah folder atau sebuah direktori baru menggunakan command line interface. Dengan menggunakan perintah makdir, kamu bukan hanya bisa membuat satu buah direktori baru, kamu juga bisa membuat sebuah struktur direktori baru dengan struktur tertentu.
Dengan kata lain, kamu bisa membuat banyak folder hanya dengan menggunakan satu baris perintah di Linux dengan menggunakan perintah mkdir.

5. touch
Perintah touch berfungsi untuk membuat sebuah file baru dengan menggunakan command line interface. Perintah ini bisa membuat file dengan ekstensi apa saja.

6. cp
Perintah cp adalah perintah yang berfungsi untuk mengopi sebuah file dengan menggunakan command line interface.
Tidak sama dengan perintah mv, perintah ini tidak akan menghapus file dasarnya, ia hanya menyalin isi dari sebuah file ke dalam sebuah file yang baru dengan nama yang berbeda.

7. cat
Perintah cat berfungsi untuk menampilkan isi dari sebuah file dengan mencetaknya sebagai output dari perintah tersebut.

8. Mv
Perintah mv berfungsi untuk memindahkan sebuah file menggunakan command line. Dalam penggunaannya, kamu juga bisa menggunakan perintah ini untuk mengubah nama sebuah file.

9. history
Perintah history berfungsi untuk menampilkan riwayat-riwayat perintah yang baru saja digunakan sebelumnya.

10. clear
Perintah clear berfungsi untuk membersihkan layar Terminal atau command line interface dari perintah-perintah yang sudah dijalankan sebelumnya dan output-nya.

11. tree
Untuk menampilkan semua direktori yang ada dalam direktori dalam bentuk tree/pohon kamu bisa ketikkan treenama direktori, jadi kamu ketikkan tree IT. Langkah – langkah dan hasil dari kasus pembuatan tree ini dapat kamu lihat .

Comments

Popular posts from this blog

5 Anime Paling Nangis & Menyentuh ala Feynation (Spoiler Alert!)

Eits, perhatiin ini! Buat kalian yang demen nonton anime dengan cerita yang bikin terharu, Feynation udah siapin daftar 7 anime yang penuh emosional banget, bisa bikin hati meleleh deh. Ini dia, 7 anime paling sedih versi Feynation: 1. clannad Di dalam anime ini di ceritakan lah Okazaki Tomoya yang sudah berpacaran denga Furukawa Nagisa melanjutkan hubungannya.pada waktu itu Tomoya dkk sedang berada pada semester 2 dan sebentar lagi mereka akan lulus.namun

Apa Itu Pita Magnetik

Pita Magnetic Pita magnetik adalah salah satu alat penyimpanan eksternal yang menggunakan pita magnetik yang terbuat dari plastik. karakteristik pita magnetic : 1. Pita magnetik mempunyai kecepatan putar sebesar 18,75-200 inchi per detik. 2. Data yang disimpan dalam magnetik tape umumnya data yang tidak memerlukan perubahan atau untuk backup data. 3. Kecepatan baca atau mencatat data pada pita tape tergantung model dan instruksinya, namun dapat diperkirakan antara 15000 sampai 60000 bytes per detiknya. 4. Pita tape terbuat dari bahan campuran plastik dan ferric oxide. fingsi pita magnetic : - untuk media penyimpanan - untuk alat input/output - untuk merekam audio, video peroses penyimpanannya : - Pada proses penyimpanan atau pembacaan data kepala pita (tape head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat kinerja pita. - Data pada pita magnetik direkam secara berurutan dengan menggunakan driver khusus untuk masing-masing jenis pita magnetik. Karena perekaman dilakuk

Pengertian, kelebihan dan kekurangan close source dan open source

Pengertian Close Source Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source. Keungulannya close source kita bisa mengetahui kode-kode pembuatan program itu. Kalau udah tau kode/struktur program tersebut, maka kita bisa mengedit program itu sesuai keinginan kita. Bisa jadi, program yang berbayar menjadi gratis karena kita edit. Itu kalau si pemilik program mau memberikan kode-kode tersebut secara gratis. Keuntungan dan Kekurangan Close Source : 1. Kelebihan Close Source  Linux gratis. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi. Linux stabil. Linux open source. source code yang disertakannya. Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan st