Skip to main content

Pembahasan lengkap tentang identifier, tipe data, variable, konstanta dan operator dalam pemograman, untuk beginner programmer.

Berikut adalah pembahasan tentang identifier, tipe data, variable, konstanta dan operator dalam pemograman, untuk beginner programmer.

as always ... (T_T)/



1. identifier
Aturan pemberian nama suatu pengenal / indetnifier :
nama pengenal harus dimulai dengan karakter berupa huruf (a...z , A...Z) atau karakter garis bawah ( _ ) karakter berikutnya dapat berupa huruf , angka (0-9) atau karakter garis bawah ( _ ) tidak boleh sama dengan reserverd word (nama- nama yang sudah digunakan dalam bahasa c++ ) seperti char, in , float , coid , double , dll panjang karkter maksimi 32 karakter bersifan case sensitive (huruf besar dan kecil di bedakan ) 

 2. Tipe Data
Tipe data merupakan bagian perogram yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap instruksi yang akan dilaksanakan kompi .
misalnya , 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil uang berbeda tergantung tipe datanya.
jika 5 dan 2 bertipe interger maka akan mnghasilk nilai 2 , namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan nilai 2,5 .
pemilihan tipe data yang tepat akan membuat peroses operasi data menjadi lebih efisien dan efektif.

3. Konstanta
Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses
program berlangsung. Konstanta nilainya selalu tetap. Konstanta harus
didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Konstanta dapat bernilai integer, pecahan, karakter dan string.
Pendeklarasian konstanta dapat dilakukan dengan 2 cara :

a. Menggunakan (#define)
Deklarasi konstanta dengan cara ini, lebih gampang dilakukan karena akan menyertakan #define sebagai preprocessor directive. Dan sintaknya diletakkan bersama – sama dengan pernyataan #include (di atas main()).
Format penulisannya adalah :
#define pengenal nilai

Contoh penggunaan :
#define phi 3.14159265

pendeklarasian dengan #define tanpa diperlukan adanya tanda = untuk
memasukkan nilai ke dalam pengenal dan juga tanpa diakhiri dengan tanda semicolon(;)

b. Menggunakan (const)
Sedangkan dengan kata kunci const, pendeklarasian konstanta mirip
dengan deklarasi variable yang ditambah kata depan const
Contoh :
const int lebar = 100;
const char tab = ‘\t’;

3. Variabel
Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk
mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan
konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Bentuk umum pendeklarasian suatu variable adalah :
tipe_data nama_variabel;
Contoh :
int x; // Deklarasi x bertipe integer
char y, huruf, nim[10]; // Deklarasi variable bertipe char
float nilai1; // Deklarasi variable bertipe float
double beta; // Deklarasi variable bertipe double
int array[5][4]; // Deklarasi array bertipe integer
char *p; // Deklarasi pointer p bertipe char


4. Operator

1. Operator Assign (=)
Operator (=), akan memberikan nilai ke dalam suatu variable artinya memberikan nilai 5 ke dalam variable a. Sebelah kiri tanda = dalam pernyataan di atas, dikenal dengan lvalue (left value) dan di sebelah kanan tanda = dikenal dengan rvalue (right value). lvalue harus selalu berupa variable, sedangkan rvalue dapat berupa variable, nilai, konstanta, hasil operasi ataupun kombinasinya.

2. Operator Majemuk ( +=, -=, *=, /=, %=, <<=, >>=, &=, |= )
Dalam C++, operasi aritmatika dapat disederhanakan penulisannya
dengan format penulisan operator majemuk.
Misalnya :

a += 5 sama artinya dengan menuliskan a = a+5
a *= 5 sama artinya dengan menuliskan a = a*5
a /= 5 sama artinya dengan menuliskan a = a/5
a %= 5 sama artinya dengan menuliskan a = a % 5

3. Operator Penaikan dan Penurunan (++ dan --)
Operator penaikan (++) akan menaikkan atau menambahkan 1 nilai
variable. Sedangkan operator (--) akan menurunkan atau mengurangi 1 nilai
variable. Misalnya :
a++;
a+=1;
a=a+1;
untuk ketiga pernyataan tersebut, memiliki arti yang sama yaitu menaikkan 1 nilai. Karakteristik dari operator ini adalah dapat dipakai di awal (++a) atau di akhir (--a) variable. Untuk penggunaan biasa, mungkin tidak akan ditemui perbedaan hasil dari cara penulisannya. Namun untuk beberapa operasi nantinya harus diperhatikan cara peletakan operator ini, karena akan berpengaruh terhadap hasil
Contoh 1 :
B=3;
A=++B;
//hasil A= 4,B=4

Contoh 2:
B=3;
A=B++;
//hasil A=3, B=4

Dari contoh1, nilai B dinaikkan sebelum dikopi ke variable A. Sedangkan pada contoh2, nilai B dikopi terlebih dahulu ke variable A baru kemudian dinaikkan.
Beda dari operator --/++ di sebelah kiri variabel dengan --/++ di sebelah
kanan variabel bisa dilihat dari contoh berikut ini:

int i = 10;
cout << --i << endl;
cout << i << endl;
hasil output:
9
9

int i = 10;
cout << i-- << endl;
cout << i << endl;
hasil output:
10
9

Jadi bisa diambil kesimpulan, dengan operator --/++ (--i) di sebelah kiri
variabel maka operator tersebut akan mempunyai prioritas lebih tinggi untuk dikerjakan terlebih dahulu. Jadi i akan dikurangi terlebih baru dicetak oleh cout. Sebaliknya dengan operator --/++ (i--) di sebelah kanan variabel maka operator tersebut akan mempunyai prioritas lebih rendah untuk dikerjakan. Maka i akan dicetak terlebih dahulu, baru dikurangi.

4. Operator Relasional (==, !=, >, <, >=, <=)
Yang dihasilkan dari operator ini bukan berupa sebuah nilai, namun
berupa bilangan bool yaitu benar atau salah.

Contoh :
(7==5) hasilnya adalah false
(5>4) hasilnya adalah true
(5<5) hasilnya adalah false

5. Operator Logika ( !, &&, || )
Operator logika juga digunakan untuk memberikan nilai atau kondisi true
dan false. Biasanya operator logika dipakai untuk membandingkan dua kondisi.
Misalnya:
((5==5) && (3>6)) mengembalikan nilai false, karena (true && false)
untuk logika NOT (!), contohnya !(5==5) akan mengembalikan nilai false,
karena !(true).

contoh program 1:
#include <conio.h>
#include <iostream.h>
void main()
{
const float phi = 3.141592;
float jari_jari, keliling, luas;
jari_jari = 7.2;
luas = phi * jari_jari * jari_jari;
keliling = 2 * phi * jari_jari;
cout<<"Luas lingkaran adalah " << luas << " satuan luas "<<endl;
cout<<"Keliling lingkaran adalah " << keliling << " satuan panjang";
getch();
}
contoh program 2:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
//#include <stdio.h>
void main()
{
float data1,data2,tambah,kurang,kali,bagi;
cout<<"Operasi aritmatika Dasar"<<endl;
cout<<"Masukkan data1: ";
cin>>data1;
cout<<"Masukkan data2: ";
cin>>data2;
tambah=data1+data2;
kurang=data1-data2;
kali=data1*data2;
bagi=data1/data2;
cout<<endl;
cout<<data1<<" + " <<data2<<" = "<<tambah<<endl;
cout<<data1<<" - " <<data2<<" = "<<kurang<<endl;
cout<<data1<<" * " <<data2<<" = "<<kali<<endl;
cout<<data1<<" : " <<data2<<" = "<<bagi;
//printf("%6.2f",bagi);
getch();
}


❇️fey

Comments

Popular posts from this blog

5 Anime Paling Nangis & Menyentuh ala Feynation (Spoiler Alert!)

Eits, perhatiin ini! Buat kalian yang demen nonton anime dengan cerita yang bikin terharu, Feynation udah siapin daftar 7 anime yang penuh emosional banget, bisa bikin hati meleleh deh. Ini dia, 7 anime paling sedih versi Feynation: 1. clannad Di dalam anime ini di ceritakan lah Okazaki Tomoya yang sudah berpacaran denga Furukawa Nagisa melanjutkan hubungannya.pada waktu itu Tomoya dkk sedang berada pada semester 2 dan sebentar lagi mereka akan lulus.namun

Apa Itu Pita Magnetik

Pita Magnetic Pita magnetik adalah salah satu alat penyimpanan eksternal yang menggunakan pita magnetik yang terbuat dari plastik. karakteristik pita magnetic : 1. Pita magnetik mempunyai kecepatan putar sebesar 18,75-200 inchi per detik. 2. Data yang disimpan dalam magnetik tape umumnya data yang tidak memerlukan perubahan atau untuk backup data. 3. Kecepatan baca atau mencatat data pada pita tape tergantung model dan instruksinya, namun dapat diperkirakan antara 15000 sampai 60000 bytes per detiknya. 4. Pita tape terbuat dari bahan campuran plastik dan ferric oxide. fingsi pita magnetic : - untuk media penyimpanan - untuk alat input/output - untuk merekam audio, video peroses penyimpanannya : - Pada proses penyimpanan atau pembacaan data kepala pita (tape head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat kinerja pita. - Data pada pita magnetik direkam secara berurutan dengan menggunakan driver khusus untuk masing-masing jenis pita magnetik. Karena perekaman dilakuk

Pengertian, kelebihan dan kekurangan close source dan open source

Pengertian Close Source Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source. Keungulannya close source kita bisa mengetahui kode-kode pembuatan program itu. Kalau udah tau kode/struktur program tersebut, maka kita bisa mengedit program itu sesuai keinginan kita. Bisa jadi, program yang berbayar menjadi gratis karena kita edit. Itu kalau si pemilik program mau memberikan kode-kode tersebut secara gratis. Keuntungan dan Kekurangan Close Source : 1. Kelebihan Close Source  Linux gratis. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi. Linux stabil. Linux open source. source code yang disertakannya. Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan st