Skip to main content

Pengertian, kelebihan dan kekurangan close source dan open source





Pengertian Close Source

Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source.

Keungulannya close source kita bisa mengetahui kode-kode pembuatan program itu. Kalau udah tau kode/struktur program tersebut, maka kita bisa mengedit program itu sesuai keinginan kita. Bisa jadi, program yang berbayar menjadi gratis karena kita edit. Itu kalau si pemilik program mau memberikan kode-kode tersebut secara gratis.


Keuntungan dan Kekurangan Close Source :

1. Kelebihan Close Source
  •  Linux gratis. Gratis disini berarti tidak harus membeli lisensi.
  • Linux stabil.
  • Linux open source. source code yang disertakannya.
  • Linux aman (secure). Linux mengimplementasikan standar protocol keamanan yang sangat aman.
  • Linux cepat dan jalan terus (keep on running), tidak harus restart saat selesai install aplikasi.
  • Banyak dukungan dan dokumentasi. Linux dan komunitasnya menyediakan milyaran dokumentasi (Readme, HOWTO, Guide, Manual, Info).
  • Linux menjunjung tinggi kemerdekaan tiap orang untuk berkreasi.
  • Bebas Virus. Linux itu merupakan like- Unix, dan Unix itu bebas virus. Mengapa bebas virus? Karena didalam system operasi Unix, setiapkali akan mengakses sistem, mengubah, menghapus, menambah bagian dari sistem, selalu diminta konfirmasi password, sedangkan virus tidak tahu password sistem kecuali pemilik sistem tersebut.
  •  Linux mempunyai banyak pilihan. Kita bisa memilih Linux menurut selera kita, banyak sekali distro (perusahaan yang menyediakan sistem operasi Linux) yang ada dimuka bumi ini.
  • Tampilan Linux tidak lagi mengecewakan.


2. Kekurangan Close Source :
  • Pengoperasiannya yang Sulit.
  • Linux mengeluarkan banyak Distro sehingga membuat user bingung.
  • Tidak ada Game Linux berkualitas sama dengan Game Windows.
  • Masih Minimnya Dukungan Hardware dan Driver.
  • Software Yang Digunakan Tidak Tersedia di Linux.
  • Tidak Ada Waktu Untuk Belajar.
  •  Kurangnya sosialiasi.
  •  Ketergantungan dengan sofware bajakan.
  • Tidak adanya dukungan resmi.
  • Sedikitnya buku/web tentang linux.




Pengertian Open Source

Open source adalah perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program dari perangkat lunak tersebut tersedia.

Open source (kode program terbuka) dipopulerkan tahun 1998. Sejarah perangkat lunak open source lahir sejak kultur hacker berkembang di laboratorium-laboratorium komputer di universitas-universitas Amerika seperti Stanford, Berkeley, Carnegie Mellon, dan MIT pada tahun 1960-an dan 1970-an.Sistem operasi open source dinggap menguntungkan, khususnya oleh para pengguna open source. Beberapa keuntungan dan kerugian dari open source :


Keuntungan : 


1. Banyak tenaga (SDM) yang berperan mengerjakan proyek
2. Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki
3. Kualitas hasil lebih terjamin karena komunitas melakukan evaluasi
4. Lebih aman
5. Hemat biaya
6. Tidak mengulangi development


Kekurangan

1. Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source
2. Tidak adanya proteksi terhadap HAKI


Contoh Sistem operasi yang termasuk Open Source adalah
- Linux: Ubuntu, Red Hat, Mandriva, CentOS, Fedora, Blankon, OpenSUSE, Clear OS
Open BSD dan Free BSD ,
- Open Solaris dan Solaris
- Android


❇️Fey


Comments

Popular posts from this blog

5 Anime Paling Nangis & Menyentuh ala Feynation (Spoiler Alert!)

Eits, perhatiin ini! Buat kalian yang demen nonton anime dengan cerita yang bikin terharu, Feynation udah siapin daftar 7 anime yang penuh emosional banget, bisa bikin hati meleleh deh. Ini dia, 7 anime paling sedih versi Feynation: 1. clannad Di dalam anime ini di ceritakan lah Okazaki Tomoya yang sudah berpacaran denga Furukawa Nagisa melanjutkan hubungannya.pada waktu itu Tomoya dkk sedang berada pada semester 2 dan sebentar lagi mereka akan lulus.namun

Apa Itu Pita Magnetik

Pita Magnetic Pita magnetik adalah salah satu alat penyimpanan eksternal yang menggunakan pita magnetik yang terbuat dari plastik. karakteristik pita magnetic : 1. Pita magnetik mempunyai kecepatan putar sebesar 18,75-200 inchi per detik. 2. Data yang disimpan dalam magnetik tape umumnya data yang tidak memerlukan perubahan atau untuk backup data. 3. Kecepatan baca atau mencatat data pada pita tape tergantung model dan instruksinya, namun dapat diperkirakan antara 15000 sampai 60000 bytes per detiknya. 4. Pita tape terbuat dari bahan campuran plastik dan ferric oxide. fingsi pita magnetic : - untuk media penyimpanan - untuk alat input/output - untuk merekam audio, video peroses penyimpanannya : - Pada proses penyimpanan atau pembacaan data kepala pita (tape head) harus menyentuh media, sehingga dapat mempercepat kinerja pita. - Data pada pita magnetik direkam secara berurutan dengan menggunakan driver khusus untuk masing-masing jenis pita magnetik. Karena perekaman dilakuk